Posted on

Viral di WhatsApp Pemerintah Beri Kuota Gratis 10 GB, Ini Faktanya

WA

Jakarta – 

Sebuah pesan berbunyi pemerintah memberikan kuota internet 10 GB secara cuma-cuma viral di WhatsApp. Pesan itu disebut sebagai insentif bagi masyarakat melawan virus COVID-19.

Kuota internet 10 GB diberikan agar masyarakat tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga, saudara dan juga teman. Pasalnya, di tengah pandemi masyarakat harus beraktivitas di dalam rumah.Berikut bunyi pesannya:

“Kuota 10GB Gratis untuk melawan virus covid-19

 
 

Meskipun kita diwajibkan untuk tetap
di rumah tapi sangat penting untuk
kita tetap berhubungan dengan
kerabat maupun keluarga kita
Maka dari itu pemerintah bekerja sama dengan seluruh provider di Indonesia membagikan kuota
sebesar 10GB agar kita semua tetap
berkomunikasi.
Sebagai insentif dari pemerintah.”

 
 

Nah, bagaimana fakta pesan kuota gratis?

Dikutip dari laman resmi Kominfo, kabar pemberian kuota internet tidak benar atau hoaks. Sebab, kabar tersebut tidak berasal dari sumber yang kredibel.

Sementara itu, pemerintah saat ini hanya bekerja sama untuk memberikan kuota internet gratis bagi platform pendidikan. Maka dari itu, pesan pemberian kuota gratis secara cuma-cuma tidak benar.

“Saat ini pemberian kuota gratis dari Pemerintah adalah berupa kerja sama dengan operator telekomunikasi dengan memberikan layanan internet gratis melalui platform dunia pendidikan dan bukan seperti narasi pada pesan berantai tersebut,” bunyi penjelasan tersebut dikutip detikcom, Selasa (5/5/2020).

Terakhir, pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak percaya terhadap kabar kuota gratis yang viral tersebut. Pasalnya, hal seperti itu bisa menjadi tindak kejahatan.

“Dihimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menerima pesan berantai seperti ini (kuota gratis), dikarenakan cara tersebut biasa jadi merupakan tindak kejahatan berbasis Internet,” tutup dia.

 

sumber: https://inet.detik.com/