Posted on

Trik Meringankan Kinerja Prosesor Ponsel

procesor hp
Jakarta -Di dalam sebuah ponsel, prosesor atau Central Processing Unit (CPU) berfungsi sebagai otak yang bertugas untuk menjalankan berbagai kinerja penting dalam sistem ponsel tersebut. Sebagai otak, jika prosesor terbebani dengan berbagai macam tugas, maka akan membuat keselurahan performa ponsel menjadi lambat.

Nah, agar prosesor tidak bekerja terlalu keras, cobalah untuk lakukan beberapa trik berikut ini.

Kurangi Widget dan Live Wallpaper di Home Screen

Penggunaan Widget pada homescreen dapat memakan terlalu banyak sumber daya yang dimiliki oleh prosesor. Ketika memasang terlalu banyak widget, maka beban kerja yang harus dikerjakan oleh prosesor juga bertambah. Sama halnya seperti dengan Live Wallpaper yang selalu bergerak di saat tidak menggunakan ponsel sekalipun. Oleh karena itu cobalah untuk mengurangi baik widget maupun live wallpaper.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang tidak terpakai dan masih ada di ponsel bisa membuat prosesor bekerja keras. Terkadang ada beberapa aplikasi yang masih aktif dan berjalan di background walaupun aplikasi tersebut sudah lama tidak digunakan. Maka dari itu hapuslah beberapa aplikasi yang sekiranya tidak lagi dipergunakan.

Hindari Membuka Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan

Menggunakan lebih dari satu aplikasi juga akan menambah pemrosesan di background yang memakan ruang di RAM dan juga kinerja dari CPU. Dengan aplikasi yang terbuka secara bersamaan, maka ponsel bisa menjadi lebih cepat panas dan tentunya membuat kinerja prosesor semakin berkurang.

Cobalah membuka menu background aplikasi (biasanya dengan menggunakan tombol di samping tombol home), lalu matikan aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai. Bisa juga memilih close all untuk mematikan seluruh aplikasi yang sedang dibuka bersamaan.

Itulah beberapa tips yang bisa meringankan kinerja prosesor. Cepat atau lambatnya sebuah ponsel tentunya berhubungan langsung dengan prosesor yang dimiliki. Ponsel dengan prosesor yang mumpuni dapat bekerja lebih baik karena memiliki pemrosesan yang lebih cepat dan inti pemrosesan yang lebih banyak.

Oppo Find X2 ProOppo Find X2 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Seperti pada OPPO Find X2 series yang menggunakan prosesor Snapdragon 865. Chipset ini memiliki performa tinggi yang mampu berjalan hingga kecepatan 2,84 GHz dengan pemrosesan octa-core 64 bit. Selain itu pilihan RAM-nya juga lega 12 GB untuk menjalankan berbagai aplikasi. Pilihan ROM yang dimiliki OPPO Find X2 series juga terbilang lega yakni 256 GB (Find X2) dan 512 GB (Find X2 Pro).

OPPO Find X2 series juga dilengkapi teknologi SuperVOOC 2.0 Flash Charge 65W yang dapat mengisi baterai dengan penuh hanya dalam waktu 38 menit!

(prf/ega)

sumber: https://inet.detik.com/